Tips Wawancara Kerja Fresh Graduates, Sederhana Tapi Fatal Jika Teledor!

Tips Wawancara Kerja Fresh Graduates

DAFTAR ISI

Tips Wawancara Kerja Fresh Graduates – Wawancara kerja selalu jadi momen menakutkan khususnya bagi para lulusan baru. Jadi, sudah menjadi hal wajar jika perasaan ketar-ketir selalu membayangi.

Untuk menghadapi momen mendebarkan ini, tips wawancara kerja yang akan disampaikan berikut ini sangat penting untuk diingat dan diterapkan nanti. Mungkin kelihatannya sederhana, tapi bisa berujung fatal jika Anda lalai.

Sebelum mencari tahu tipsnya, pasti Anda sudah lebih dulu mencari tahu tentang cara menjawab pertanyaan wawancara yang mungkin akan ditanyakan HRD. Segala jenis pertanyaan, baik pertanyaan dasar hingga yang berkaitan dengan pekerjaan tentu harus Anda persiapkan demi kelancaran proses wawancara nantinya.

Supaya semakin siap dengan segala kemungkinan, berikut tips-tips interview sebagai bekal tambahan yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Contoh Lamaran Kerja Online

Tips Sederhana Menghadapi Wawancara Kerja

Tidak bisa dipungkiri, jika perasaan gugup pastinya akan Anda rasakan ketika mengikuti wawancara kerja. Namun, dengan menerapkan tips-tips wawancara kerja berikut, diharapkan Anda bisa mengurangi rasa gugup tersebut.

Berkas Harus Lengkap

Meski Anda sudah mengirimkan berkas secara online, tidak ada salahnya untuk membawa berkas yang dicetak. HRD mungkin saja memintanya walaupun dia tidak memberitahu Anda sebelumnya. Jika tidak mempersiapkannya, Anda bisa dianggap sebagai orang yang teledor.

Pelajari Calon Perusahaan

Carilah sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan perusahaan yang sedang Anda lamar. Mulai dari visi misi, lokasi, dan segala informasi terbaru yang berkaitan dengan perusahaan. Anda bisa mencari tahu lewat halaman resmi mereka seperti di Linkedin, website resmi, ataupun sosial media lainnya.

Tidur Cukup

Anda pasti lelah dengan berbagai persiapan untuk proses wawancara nanti. Tapi saat hari wawancara tinggal besok, tidurlah lebih awal. Terus berlatih dan begadang saat h-1  hanya akan membuat Anda sering menguap dan wajah terlihat lelah di pagi harinya. Tentu ini akan membuat Anda terlihat kurang professional.

Gunakan Pakaian Terbaik

Selain memperhatikan detail tentang perusahaan, Anda juga harus memperhatikan penampilan Anda dengan teliti. Gunakan pakaian yang sesuai dengan kultur perusahaan. Padukanlah warna yang pas memberikan image  terbaik dari diri Anda.

Tepat Waktu Harga Mati

Tidak ada alasan untuk telat datang wawancara. Jika memang tidak memungkinkan, kabari HRD minimal setengah jam sebelum waktu mulainya wawancara. Jika Anda mengabari, HRD bisa menggunakan waktunya untuk pekerjaannya yang lain.

Selalu Tampil ‘Bersih’

Sejauh dan sesulit apapun medan yang harus Anda lalui untuk sampai ke tempat wawancara, Anda harus tetap tampil ‘bersih’. Maksudnya adalah rapi, wangi, dan pastikan tidak ada keringat yang bercucuran terutama di area wajah.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Wawancara Kerja

Jika tips di atas berkaitan dengan hal-hal yang harus dilakukan saat wawancara kerja maka sebaliknya, poin-poin berikut ini malah harus Anda dihindari.

Baca Juga: Cara Membuat CV

Yang pertama adalah berkaitan dengan cara menjawab pertanyaan. Persiapkan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan yang mungkin akan muncul dalam interview. Berikan jawaban tegas, diplomatis, tapi tidak berlebihan. Jika jawaban panjang, pastikan untuk menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit.

Yang kedua adalah simpan unek-unek Anda soal perusahaan lama seburuk apapun yang Anda dapat di sana. Jangan pernah membicarakan keburukan apalagi membongkar aib perusahaan sebelumnya di depan HRD. Karena, pembicaraan itu akan memancarkan aura negatif dari Anda.

Dari beberapa tips wawancara kerja di atas, banyak yang dimaksudkan untuk mencerminkan aura positif dari diri Anda. Karena yang paling terpenting dari proses wawancara adalah tentang kepribadian.

HRD mungkin sudah mengetahui prestasi Anda lewat tes psikotes dan tes lainnya. Dan sesi wawancara inilah yang menentukan. Jadi, selain harus memiliki skill, Anda juga harus menunjukkan sisi positif dari dalam diri Anda. Sehingga HRD akan lebih mempertimbangkan Anda untuk bergabung dalam perusahaan tersebut.

Bagikan Artikel

Artikel Lainnya


Warning: Illegal string offset 'url' in /home/pigoorac/lowongankerjapurwokerto.com/wp-content/plugins/elementor/includes/base/controls-stack.php on line 1159
10 Situs Lowongan Kerja Terbaik yang Patut untuk Dicoba

10 Situs Lowongan Kerja Terbaik yang Patut untuk Dicoba

Situs Lowongan Kerja Terbaik – Apakah Anda sedang mencari lowongan pekerjaan? Dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada, saat ini proses pencarian lowongan pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Anda…

Warning: Illegal string offset 'url' in /home/pigoorac/lowongankerjapurwokerto.com/wp-content/plugins/elementor/includes/base/controls-stack.php on line 1159
Cara Jitu Menaklukan Pertanyaan Interview HRD

Cara Jitu Menaklukan Pertanyaan Interview HRD

Pertanyaan Interview HRD – Apabila Anda mendapatkan penggilan interview, pastikan Anda segera melakukan beberapa persiapan sebelum Hari H. Salah satunya adalah melatih diri untuk menjawab pertanyaan interview HRD. Hal…

Administrasi

Barista

Desainer

Developer

Manajer

Sales

Supervisor

Administrasi

Barista

Desainer

Developer

Manajer

Sales

Supervisor

Formulir Laporan