Cara Melamar Kerja di Starbucks Secara Offline dan Online

Cara Melamar Kerja di Starbucks – Starbucks merupakan perusahaan yang cukup bergengsi di Indonesia. Sehingga banyak pencari kerja yang menginginkan bergabung dengan perusahaan ini, tak terkecuali mahasiswa. Namun begitu, tidak sedikit yang belum paham mengenai cara melamar kerja di Starbucks Indonesia. Karenanya akan diulas tuntas di sini, sebagai berikut

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Cara melamar kerja di Starbuck harus memperhatikan beberapa hal penting. Mulai dari kualifikasi pelamar, sistem kerja dan lainnya, antara lain:

Sistem Kerja

Ada dua sistem kerja di Starbucks yaitu part-time dan full time. Dalam sistem par time biasanya berisi karyawan fresh graduate atau anak kuliahan. Waktu kerjanya hanya 2,5 jam-5jam per hari. Sedangkan sistem full time berisi karyawan yang sudah berpengalaman. Sedang, untuk waktu kerjanya yaitu minimal 5 hari seminggu.

Kualifikasi Umum

Untuk dapat melamar kerja di Starbucks maka pelamar harus berusia antara 18 sampai 24 tahun. Selain memiliki keterampilan yang baik, pelamar juga harus mampu bekerja secara shift maupun ketika hari libur. Bagi pelamar mahasiswa, diutamakan yang sudah menempuh tahun kedua di bidang perhotelan, pariwisata, dan ilmu sosial.

Baca Juga: 5 Aplikasi Buat Curriculum Vitae pada Smartphone Gratis bagi Pemula

Kontrak Kerja

Jika ingin bekerja di perusahaan Starbucks Indonesia, maka harus siap untuk terikat kontrak kerja selama 1,5 tahun dengan penahanan ijazah satu tahun. Selain itu, Starbucks juga menerapkan pinalti kepada karyawan yang resign sebelum 1 tahun. Jadi hal ini wajib jadi pertimbangan.

Gaji Kerja

Starbucks menawarkan gaji kerja yang lumayan. Untuk karyawan full time akan diberikan gaji di atas UMR daerah. Sedangkan karyawan part-time mendapatkan gaji yang lumayan dan tergantung dari berapa lama shift yang dijalankan.

Jadwal Fleksibel

Gerai Starbucks memberikan kelonggaran untuk karyawannya yang masih mahasiswa. Karena karyawan bisa request jadwal sehingga tidak bentrok dengan jadwal kuliah. Setiap karyawan di Starbucks memiliki jatah libur dua hari dalam seminggu. Selain itu, karyawan juga dapat sesekali request off di hari minggu.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Secara Offline

Starbucks memberikan kesempatan kepada siapapun yang memiliki kualifikasi untuk dapat bekerja di Starbucks. Salah satu cara melamar kerja di Starbucks adalah dengan datang langsung. Simak langkah-langkah berikut ini:

Siapkan Berkas

Untuk melamar kerja secara offline maka pelamar harus menyiapkan berkas terlebih dahulu. Meliputi CV, surat lamaran pekerjaan, fotocopy KTP, ijazah terakhir, KRS atau Kartu Rencana Studi dan reference letter jika ada. Dikarenakan Starbucks sering kedatangan konsumen asing, maka pelamar dapat mengirimkan sertifikat TOEFL sebagai nilai tambah.

Kirimkan Lamaran Kerja

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengirimkan lamaran kerja ke Starbucks. Untuk mengirimkan, pelamar dapat datang langsung ke kantor official Starbucks yang tengah membuka lowongan. Ataupun bisa juga dengan dikirimkan melalui pos.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Melalui Website Resmi

Selain dapat dilakukan secara offline, melamar kerja di Starbucks juga bisa melalui website resmi langsung. Caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Buka website resmi Starbucks melalui HP atau laptop;
  2. Scroll halaman ke bawah dan klik Career Center;
  3. Akan muncul 2 opsi posisi yang akan dilamar yaitu Retail Careers untuk barista dan Store Management Careers untuk District Managers dan Store Managers;
  4. Klik How to Apply dan muncul Application for Employment untuk mengisi biodata secara lengkap;
  5. Berikan tanda centang pada Terms & Condition Agreement; dan
  6. Masukkan kode captcha dan klik Submit.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Melalui LinkedIn

Melamar kerja di Starbucks secara online juga dapat dilakukan melalui LinkedIn. Dengan situs ini lebih memudahkan siapapun yang ingin bergabung dengan Starbucks. Berikut langkah yang harus diikuti:

  1. Buka akun LinkedIn resmi Starbucks Indoenesia (PT. Sari Coffee Indonesia);
  2. Cek lowongan kerja tersedia atau tidak;
  3. Jika tersedia, klik Lihat Pekerjaan secara detail;
  4. Pilih posisi pekerjaan yang diinginkan dan klik terapkan;
  5. Lengkapi informasi sesuai dengan petunjuk; dan
  6. Tinjau kembali sebelum klik kirim.

Itulah cara melamar kerja di Starbucks baik online maupun offline. Setelah mengirimkan lamaran pekerjaan, pelamar harus menunggu sekitar 2 minggu. Jika diterima, maka pihak Starbucks akan menghubungi melalui telepon.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.