Pasang Loker

Apa Sih Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting?

Apa Sih Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting?

Perbedaan Cloud Hosting, VPS, dan Shared Hosting – Apakah Anda sedang ingin membuat suatu website namun masih bingung untuk memilih layanan hosting yang akan digunakan? Memang, rasa bingung yang muncul untuk memilih mana layanan hosting yang akan dipilih adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan jenis hosting yang berbeda juga memiliki fitur spesifikasi yang berbeda pula.

Nah, jika Anda mencoba mengetik keyword hosting di mesin pencarian Google, maka Anda akan menemukan banyak agen yang menawarkan jasa hosting. Selain itu, Anda juga akan menemukan bahwa ada beberapa layanan hosting yang berbeda, seperti cloud hosting, VPS dan juga shared hosting.

Tentu, mengetahui masing-masing jenis layanan hosting adalah hal yang penting agar nantinya Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk melihat perbedaan diantara masing-masing jenis hosting. Dengan demikian, tentu saja memilih hosting yang tepat untuk website akan menjadi lebih mudah.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang perbedaan antara cloud hosting, VPS dan juga shared hosting. Agar lebih mudah memahami, pembahasan akan dilakukan satu per satu. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Shared Hosting

Diantara layanan hosting yang tersedia, shared hosting adalah layanan yang paling populer dan banyak dipilih, terutama untuk mereka yang hendak membangun website awal dengan cakupan yang cenderung masih kecil. Seperti namanya, ciri umum dari layanan ini adalah hosting yang digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna.

Salah satu alasan pemilihan shared hosting adalah karena harganya yang cenderung terjangkau. Tidak hanya harga yang cenderung terjangkau –dan paling murah daripada jenis layanan hosting lain, shared hosting juga memiliki kemudahan dalam pengelolaan.

Pasalnya, seluruh proses pengelolaan, termasuk pembaruan program nantinya akan dilakukan oleh penyedia layanan hosting. Oleh karenanya, keamanan dari shared hosting bisa dikatakan cukup baik.

Hanya saja, shared hosting memiliki beberapa kekurangan yang juga harus dijadikan pertimbangan. Dikarenakan banyak website yang running di server yang sama, maka akses bisa jadi akan cenderung lebih lambat. Selain itu, ada cukup banyak batasan penggunaan serta sumber daya yang akan membuat Anda cenderung tidak bebas melakukan inovasi dan eksplorasi.

Virtual Private Server (VPS)

Jenis layanan hosting lain yang juga cukup terkenal dan banyak digunakan adalah Virtual Private Server atau VPS. Secara singkat, VPS merupakan tipe web hosting di mana menggunakan sumber daya yang berasal dari satu server fisik. Nah, satu server fisik tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa server virtual dengan kapasitas yang lebih kecil.

Perlu diketahui, masing-masing server virtual tersebut nantinya akan berjalan sebagaimana dedicated server. Hal inilah yang membuat VPS sekilas mirip dengan layanan shared hosting.

Hanya saja, perbedaan mencolok dari VPS dengan shared hosting adalah terkait pembagian sumber daya. Dalam hal ini, VPS memiliki sumber daya secara private yang disediakan untuk pengguna. Oleh karena bersifat private, maka kondisi server nantinya tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan konfigurasi sesuai dengan keinginan.

Selain kemudahan dalam proses manajemen, VPS juga memiliki kelebihan lain. Anda yang menggunakan layanan hosting ini nantinya akan mendapatkan akses root. Nah, akses root ini akan membantu Anda untuk melakukan pengaturan serta inovasi yang menurut Anda penting. Tentu, ada kebebasan ekstra yang akan Anda dapatkan.

Hanya saja, di balik beberapa kelebihannya, VPS memiliki beberapa kekurangan. Anda yang menggunakan VPS harus memiliki pengetahuan yang lebih detail tentang server serta sistem operasi Linux untuk melakukan pengembangan. Jika tidak, tentu Anda hanya akan mendapatkan layanan yang biasa saja dan bisa jadi kurang menarik.

Selain itu, harga layanan VPS cenderung lebih mahal. Oleh karenanya, Anda perlu mempersiapkan budget ekstra jika hendak menggunakan layanan VPS.

Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis layanan hosting yang menggunakan sumber daya berasal dari beberapa server fisik yang terpusat. Server ini berjalan secara bersamaan dan disebut dengan istilah cluster.

Dengan menggunakan cloud hosting, Anda nantinya bisa membangun mesin virtual yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, adanya konsep cluster dalam layanan ini akan memberikan support yang maksimal pada server. Artinya, jika ada salah satu server yang bermasalah atau bahkan mati, maka server lainnya akan menjadi pengganti.

Konsep ini sangat menarik. Tentu, adanya kesinambungan peran server tersebut akan membuat akses website yang menggunakan cloud hosting senantiasa maksimal dalam berbagai situasi.

Backup yang tersedia bukan hanya satu-satunya kelebihan dari cloud hosting. Jenis layanan ini juga memiliki fleksibilitas yang lebih baik. Pengguna layanan ini nantinya bisa menambah sumber daya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Selain itu, cloud hosting bisa dikatakan cukup hemat biaya dan tenaga. Dengan cloud hosting, Anda tidak perlu memiliki kemampuan teknis khusus karena cloud hosting bersifat fully managed. Oleh karenanya, banyak kalangan yang mengatakan jika cloud hosting memiliki performa andal sebagaimana VPS namun memiliki kemudahan seperti shared hosting.

Bisa dikatakan jika cloud hosting adalah layanan yang kompleks. Kekurangan dari layanan ini hanyalah harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Mana Layanan Server yang Tepat Untuk Digunakan?

Dari ulasan sebelumnya, Anda bisa mengetahui beberapa jenis layanan hosting yang tersedia berikut kelebihan serta kekurangannya. Tentu, beberapa ulasan di atas bisa dijadikan pertimbangan sebelum menentukan layanan hosting yang akan Anda gunakan.

Bisa dikatakan jika tidak ada layanan hosting yang lebih baik. Hal ini dikarenakan masing-masing hosting tersebut memiliki spesifikasi dan fasilitas yang berbeda. Oleh karenanya, Anda perlu memandang jenis hosting dari kebutuhan.

Misalnya saja, ketika Anda hendak membuat sebuah website awalan yang tidak memerlukan banyak sumber daya, maka shared hosting bisa dijadikan opsi. Jika Anda memiliki kemampuan lebih untuk melakukan inovasi dan ingin kebebasan berekspresi saat mengurus website, maka VPS bisa dipilih. Juga, untuk Anda yang memerlukan resource besar, maka cloud hosting adalah pilihan yang tepat.

Hanya saja, jika Anda berpikir bahwa Anda memerlukan layanan yang cenderung lebih menyeluruh dan universal, maka ada baiknya jika Anda memilih layanan cloud hosting. Pasalnya, cloud hosting adalah layanan yang lengkap dan bisa digunakan pada website kecil hingga website yang memiliki traffic cenderung besar.

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada fleksibilitas dari cloud hosting. Dengan demikian, seiring traffic website yang Anda miliki terus bertumbuh dan membesar, maka Anda bisa mengembangkan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan selain memilih layanan hosting yang tersedia adalah memilih penyedia yang tepat. Dalam hal ini, pastikan Anda menjalin kerja sama dengan penyedia hosting yang terpercaya dan bisa diandalkan agar tidak ada masalah berlarut yang merugikan nantinya.

Demikian beberapa ulasan tentang perbedaan dari cloud hosting, VPS dan juga shared hosting yang perlu Anda ketahui. Cek detail masing-masing layanan hosting dan pilih mana yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan.